Contoh teks eksplanasi – Bagi sebagian orang, teks eksplanasi sebenarnya adalah istilah yang tidak dikenal. Tetapi bagi sebagian orang itu akan cukup akrab dengan istilah itu. Teks eksplanasi yang sama ditemukan cukup sering dalam kurikulum 13, yang merupakan jenis kurikulum terbaru di dunia pendidikan.

Teks eksplanasi itu sendiri dipelajari di tingkat sekolah menengah di 7 mata pelajaran Indonesia. Ada banyak orang yang tertarik pada jenis teks ini karena masih relatif baru dan jarang dikenal. Selanjutnya, referensi atau sumber referensi untuk jenis teks ini masih sangat jarang.

Pada kenyataannya, jenis teks ini agak menarik untuk dibahas secara mendalam. Oleh karena itu, untuk siswa atau siswa yang sangat menyukai kegiatan menulis dan membaca, Anda harus belajar lebih banyak tentang teks ini.

Sekarang, untuk memudahkan Anda dalam mempelajari teks-teks eksplanasi pada kesempatan ini teks-teks eksplanasi akan diperiksa secara rinci bersama dengan contoh-contoh lengkap. Diharapkan setelah membaca artikel https://rumusrumus.com/ , Anda akan semakin mengerti dan dapat membuat teks eksplanasi Anda sendiri.

Contoh teks eksplanasi budaya

Contoh teks yang eksplanasi budaya Bali

Pernyataan umum:
Tradisi Dugderana adalah tradisi yang sering diadakan di Bali, khususnya di kota Bali. Pada perayaan itu, satu hal yang menjadi ciri khas tradisi ini adalah model Ngendog yang merupakan ikon dari tradisi ini.

Warak Ngendhog adalah binatang yang menyerupai naga dan kuda (persilangan antara keduanya). Hewan-hewan ini umumnya dilengkapi dengan telur yang disebut Endhog.

Urutan sebab dan akibat:
Tradisi ini biasanya diadakan pada bulan puasa untuk menghidupkannya. Biasanya penduduk setempat tidak hanya membawa Warak Ngendhog selama acara, tetapi juga barang-barang kerajinan seperti kapal dan othok-othok. Artikel-artikel ini akan sulit ditemukan pada hari-hari selain bulan puasa.

Selama acara, kita tidak hanya dapat menonton pertunjukan dan kerajinan Ngarakhog Warak, tetapi kita juga dapat membeli makanan lezat.

Kesimpulan atau interpretasi:
Tradisi Dugderana adalah tradisi yang dikenal banyak orang. Buktinya, saat acara itu digelar, bukan hanya warga setempat yang datang tetapi juga bukan warga setempat. Tentu saja, melihat ini, sebagai komunitas lokal Semarang, merasa bangga dengan keberadaan tradisi ini di daerah tersebut.

Contoh teks penjelasan sosial (kemiskinan)

Pernyataan umum:
Kemiskinan adalah tingkat pendapatan individu atau kelompok yang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari mereka. Beberapa kebutuhan dasar yang sulit dipenuhi antara lain makanan, pendidikan, perumahan dan lainnya. Secara umum, orang-orang yang tergolong miskin memilih untuk hidup di bawah jembatan, gubuk atau tepi sungai untuk tempat tinggal mereka.

Tidak jarang, bahkan beberapa orang miskin membangun rumah mereka dengan tanah milik negara. Fenomena kemiskinan ini sebenarnya sudah menjadi hal biasa di semua negara, terutama negara berkembang.

Urutan dan akibat urutan:
Ada beberapa faktor yang menyebabkan kemiskinan. Beberapa dari mereka adalah pendidikan terbatas dan ekonomi rendah. Beberapa faktor lain yang umumnya terjadi adalah musibah, kebangkrutan, perbudakan atau faktor lainnya.

Di balik banyaknya kemiskinan yang terjadi di masyarakat, pemerintah sebenarnya telah melakukan banyak bisnis. Beberapa upaya yang dilakukan termasuk memperluas lapangan kerja, menaikkan upah, menawarkan pendidikan gratis dan menawarkan perumahan murah.

Tentu saja, untuk mengurangi kemiskinan, pemerintah membutuhkan bantuan dari masyarakat sekitar. Bantuan dapat berupa perilaku positif seperti menabung, tidak membuang-buang uang, membantu orang lain.

Kesimpulan atau interpretasi:
Kemiskinan seharusnya tidak terjadi di Indonesia. Kemiskinan tidak akan terjadi jika seseorang atau kelompok ingin mencoba dan bersyukur atas apa yang mereka miliki. Ada banyak pekerjaan yang masih dicari dan tentu saja untuk menghindari kemiskinan, kita juga harus melakukannya

Demikianlah pembahasan tentang teks eksplanasi, semoga bermanfaat bagi para pembaca. terima kasih!

Sumber artikel : https://rumusrumus.com/contoh-teks-eksplanasi/

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *