Pada tahun 2018 Ketua Asosiasi Perusahaan Umum Pengendalian Hama Indonesia (Aspphami) mengemukakan dI Indonesia setiap tahun diperkirakan kerugian ekonomis akibat rayap mencapai Rp 2,8 Triliun. Perkembangan rayap yang pesat di wilayah Indonesia dipengaruhi oleh iklim tropis yang hangat sepanjang tahun disertai dengan kelembapan udara yang tinggi. Selain itu, kondisi tanah yang kaya akan bahan organik juga turut mendukung perkembangbiakan rayap. Dengan banyaknya serangan hama rayap, fenomena ini dinilai membuka potensi pasar jasa pembasmi rayap di tanah air.

Di Indonesia sendiri ada beberapa jenis rayap yang banyak berkembang biak. Setidaknya ada lima jenis rayap yang sering ditemukan di sekitar rumah atau bangunan. Pertama, rayap pohon. Rayap pohon hidup dari memakan material/struktur pohon, biasanya tinggal di pohon jati. Kedua, rayap kayu lembap. Rayap jenis ini yang paling banyak dikenal masyarakat karena mudah ditemukan pada kayu busuk bahkan menyerang produk hasil olahan kayu yang lembap. Ketiga, rayap kayu kering. Berbeda dengan rayap kayu lembap, rayap kayu kering jarang ditemui orang Indonesia namun hidup di beberapa tempat tertentu. Biasanya hidup berkoloni pada kayu berkadar air rendah. Keempat, rayap subteran. Rayap jenis ini cara hidupnya menjadi penghubung antara rayap kayu dan rayap tanah. Kelima, rayap tanah. Sesuai dengan namanya, rayap ini hidup di dalam tanah yang memiliki kadar selulosa tinggi. Rayap tanah berpotensi mengancam kekokohan bangunan karena menggerogoti tanah yang menjadi tumpuan bangunan.

Dengan banyaknya jenis rayap yang hidup di wilayah Indonesia, tentunya ada bahaya mengintai yang sewaktu-waktu bisa menyebabkan kerugian pada masyarakat. Namun Anda tidak perlu khawatir. Berdasarkan data dari Aspphami, setidaknya saat ini ada ratusan perusahaan dan jasa pembasmi rayap yang sigap membantu Anda mencegah dan membasmi rayap di sekitar lingkungan tempat tinggal Anda. Jasa pengendalian hama rayap tersebut meliputi perusahaan besar dan kecil yang sudah melakukan pengembangan produk-produk anti rayap. Anda perlu mengenali jenis-jenis rayap yang tinggal di sekitar Anda agar tahu upaya paling tepat untuk mengatasinya. Anda juga perlu mendeteksi sejak dini keberadaan rayap-rayap tersebut guna menghindari kerugian finansial akibat kerusakan bangunan dalam skala yang lebih besar. Jika Anda mengalami kesulitan untuk membasminya, Anda bisa segera menghubungi jasa pembasmi rayap terdekat untuk menuntaskan persoalan hama satu ini.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *