Kingdom Monera adalah organisme prokariotik, organisme tertua yang hidup di bumi. Ada dua contoh kelompok kingdom ini, yaitu bakteri dan alga biru-hijau. Organisme ini sendiri telah hidup dan berkembang selama sekitar dua miliar tahun. Awalnya, organisme prokariotik ini digolongkan dalam Kingdom Plantae, tetapi akhirnya dikeluarkan dari kelompok ini karena karakteristik sel bakteri dan ganggang biru-hijau sangat berbeda dari anggota tumbuhan.

Anggota Monera adalah organisme primitif yang tubuhnya hanya terdiri dari satu sel. Karena itu, Monera hanya bergantung pada respons metabolik dalam tubuhnya, termasuk proses reproduksi. Proses pemuliaan yang dilakukan oleh kelompok ini juga sangat sederhana. Seorang individu baru hanya dapat dibentuk oleh pembelahan dua puluh menit oleh induknya, sehingga dapat dibilang bahwa jumlah spesies ini adalah yang paling banyak di bumi ini.

Kingdom Monera

Namun, karena ukurannya yang kecil, manusia tidak dapat menyadarinya. Namun, keberadaan organisme ini memainkan peran penting, karena organisme yang membusuk ini dapat mengalami proses dekomposisi atau pelapukan yang kemudian menjadi senyawa penyusun seperti karbon, nitrogen, belerang, dll., Dan dapat memulihkan mineral di dalam tanah yang dapat mati. digunakan kembali oleh organisme lain. Namun, diketahui bahwa beberapa organisme ini dapat menularkan penyakit ke organisme lain seperti sifilis. Namun, organisme ini juga memiliki manfaat lain, seperti membuat simbiosis timbal balik dengan organisme lain, yang berarti bahwa organisme ini juga memiliki banyak manfaat kelangsungan hidup.

Baca Juga : kingdom protista

Ciri-Ciri Umum Kingdom Monera

  • Terdiri dari sel tunggal atau uniseluler
  • Dengan berbagai bentuk sel
  • Memiliki tipe sel prokariotik
  • Memiliki dinding peptidoglikan
  • Tidak memiliki membran Oganel
  • Reproduksi oleh fisi atau endospora tanpa perkawinan

Klasifikasi Kingdom Monera

Ketika didasarkan pada struktur selnya, Kingdom Monera dibagi menjadi dua bidang, yaitu:

1. Archaebacteria

Merupakan kelompok bakteri lama dengan karakteristik yang berbeda dari anggota Monera lainnya, yaitu kelompok ini ditemukan di lokasi ekstrem. Berikut ini adalah jenis dari Archaebacteria:

  • Tidak memiliki dinding peptidoglikan
  • Memiliki beberapa jenis polimer RNA
  • Mungkin resisten terhadap antibiotik
  • Tinggal di tempat yang ekstrem

2. Eubacteria

Jika sekelompok bakteri dengan dinding peptidoglikan, kelompok ini dapat dibagi menjadi:

  1. Spirokaeta memiliki bentuk spiral dengan panjang nya adalah 0,25 mm dan mendapatkan energi melalui chemoheterotrophs. Bakteri iniĀ  bisa menyebabkan beberapa penyakit contohnya yakni: Treponema pallidum atau sifilis.
  2. Chlamydia adalah sebuah parasit yang ditemukan pada sel hewan yang bisa ditularkan secara seksual. Bakteri ini dapat menyebabkan kebutaan dan juga bisa mendapatkan energi dari inangnya. Contohnya adalah: Chlamydia trachomatis.
  3. Bakteri gram adalah bakteri yang didasarkan pada pewarnaan Gram. Ada dua jenis gram, yaitu:
  4. Dinding peptidoglikan gram negatif atau tipis yang berwarna merah bila diwarnai dalam gram. Contohnya adalah patogen, misalnya Salmonella sp.
  5. Gram positif memiliki dinding peptidoglikan yang tebal dan warna ungu ketika pewarnaan gram dilakukan. Secara umum, ini sangat bermanfaat, misalnya sebagai Basillus sp.
  6. Cyanobacteria adalah kelompok alga biru-hijau dan memiliki klorofil yang mirip dengan tanaman, kelompok ini dapat ditemukan di air tawar, air laut atau bahkan di kedalaman.
  7. Proteobacteria

Sumber Referensi : rumus.co.id

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *