Salam Dokter Judi. Saya (23) sedang hamil anak pertama. Usia kehamilan 28 minggu. Saya ingin menanyakan, mengapa perkiraan USG dengan perkiraan lahir, hitungan saya berbeda. Perkiraan USG lebih maju. Yang mana, yang harus saya pedomani. Sebab, bedanya hampir 1 bulan. Apa yang harus saya lakukan mengingat suami tugas di luar kota, jadi saya butuh kepastian kapan kira-kira saya melahirkan. Mohon penjelasan dari Dokter Judi. Terima kasih. Deli Murwani – Cirebon.

Pemeriksaan USG untuk menentukan usia kehamilan yang paling tepat adalah mengukur panjang janin pada kehamilan 10–14 minggu (mengukur CRL) dengan kesalahan kurang dari satu minggu. Pada trimester kedua bisa dilakukan pengukuran diameter biparietal dan lingkar kepala untuk menentukan usia kehamilan dengan kesalahan 1–2 minggu. Pada trimester ketiga dapat dilakukan pengukuran diameter otak kecil (cerebellum) dengan kesalahan 1–2 minggu juga.

Tolong ditanyakan kembali ke dokter Ibu, apakah data pemeriksaan yang saya maksudkan di atas sudah ada ? Kemudian perhatikan juga berat janin Ibu untuk memantau kurva pertumbuhannya, misalnya pada kehamilan 30 minggu, taksiran berat janin sekitar 1.400–1.500 g dan pada 36 minggu sekitar 2.500 –2.600 g. Penentuan usia kehamilan juga dipengaruhi oleh keteraturan siklus haid, pemakaian obat-obat hormonal (misalnya pil KB), menyusui dan Ibu lupa (tidak yakin) tanggal hari pertama haid terakhir yang normal. Terima kasih atas pertanyaannya.

Susu Setelah ASI

Dokter Rifan di tempat, anak saya (15 bulan), alergi susu sapi sekaligus susu kedelai juga. Saya bingung, kalau sudah tidak ASI lagi (saya masih menyusui), gantinya susu apa, ya, Dok? Apakah alergi bisa hilang seiring bertambah usia? Mohon pencerahan Dokter Rifan. Dina Mardiana – Semarang Sayang sekali Ibu tidak menyebutkan gejala alergi yang muncul saat ia mengonsumsi kedua jenis susu tersebut.

Karena dapat saja apa yang disebutkan alergi mungkin hanya gejala lain yang tidak ada hubungannya dengan susu seperti tidak tahan laktosa (intoleransi laktosa) yang dapat ditanggulangi dengan pemberian susu bebas laktosa. Gejala alergi susu di antaranya adalah diare, BAB berdarah, kemerahan di kulit tubuh, di pipi dan bagian tubuh lainnya, sekresi lendir yang berlebihan di saluran napas tanpa adanya infeksi, dan sebagainya. Alergi susu sapi biasanya akan menghilang bertahap pada anak usia di atas 18-24 bulan.

Ikuti juga kursus GRE di Jakarta terpercaya untuk anak yang ingin sekolah di Amerika Serikat.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *