ausbildungaupair.com – “Sejujurnya, pada program kehamilan ketiga ini, saya lebih deg-degan karena sudah memiliki pengalaman tidak menyenangkan pada dua kehamilan sebelumnya. Jadi, bisa dibilang pada kehamilan ketiga ini, saya agak khawatir juga, seperti: takut kehamilan tidak berjalan lancar, apakah saya bisa menjalani kehamilan ini, apakah saya bisa melahirkan anak-anak dengan selamat. Intinya, banyak pertanyaan dalam pikiran saya selama menjalani kehamilan.

Tapi pada kehamilan ketiga ini, saya tidak perlu capek dan repot menjalankan program IVF dari awal seperti kehamilan kedua. Bayangkan saja, setiap hari harus datang ke rumah sakit, kadang harus pagi dan sore dalam satu hari bolak balik. Proses tersebut saya lakukan hingga dua minggu lamanya. Tak sampai di situ, setelah sel telur matang, besar, lalu diambil. Karena sel telur banyak, waktu itu lima hari baru transfer embrio dan tetap harus bedrest dengan menjaga asupan makanan berprotein tinggi.

Syukurlah, semua itu sudah berlalu. Akhirnya harapan dan cita-cita memiliki buah hati terkabul. Setelah dua bulan tinggal di rumah sakit dan benar-benar total bedrest, sampai BAB dan BAK saja di lakukan di tempat tidur, kedua anak saya lahir secara sesar dengan BB 2,1 kg dan 2,3 kg. Sekarang anak-anak saya—Graciana Aurora Pioh dan Anastasia Magdalena Pioh (2 bulan)— tumbuh menjadi anak yang lucu dan sehat.

Dokter saja sampai kaget melihat perkembangan mereka dan berat badan yang bertambah cukup signi­ kan. Bayangkan saja, di usia 1 bulan saat kontrol, berat badan masing-masing 3,5 kg dengan panjang badan 49 cm dan 49,5 cm. Lucunya, berat mereka sampai sekarang sama persis, sampai dokter juga tidak yakin. Sekarang ini (24/3) mereka masing-masing beratnya 4 kg.”

Perjuangan seorang Ibu dari hamil sampai melahirkan adalah sesuatu yang begitu berat dan tidak mungkin seorang Ayah merasakannya. Dan setelah itupun perjuangan tetap berlanjut untuk membesar si buah hati sampai dewasa. Merawat dari bayi sampai remaja merupakan tanggung jawab yang begitu besar dan harus dilakuan dengan baik. Sehingga anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *