Bowers & Wilkins Z2 – Desain dan Suara Dinamis Untuk Penggemar Musik

Bowers & Wilkins Z2 – Desain dan Suara Dinamis Untuk Penggemar Musik

Seketika datang ke laboratoruim CHIP, Bowers & Wilkins A5 tidak sendirian. Saudaranya, Z2, ikut menemani. Oleh karena itu, CHIP tidak menyia-nyiakan kesempatan berharga ini dengan mencicipi speaker buatan perusahaan Inggris ini. Tidak jauh berbeda dari saudaranya, Z2 juga didesain dengan balutan warna hitam di sekujur bodinya. Akan tetapi, warna hitam pada speaker lebih solid tanpa ada sedikit pun variasi warna lain. Perbedaan ini seolah juga menegaskan bahwa Z2 ditujukan bagi penggemar audio yang berbeda dari pengguna A5.

Baca Juga : Download Game Ppsspp

Apalagi bahan yang digunakan untuk melindungi kedua drive unit-nya menggunakan metal, bukan kain seperti saudaranya, dan bentuknya yang oval dengan sedikit cekungan tempat docking yang menunjukkan kesan dinamis. Docking-nya sendiri kompatibel dengan iPhone 5, iPod touch (generasi kelima), dan iPod nano. Secara keseluruhan, desain Z2 mewakili jiwa anak muda yang dinamis dan tidak kaku. Dalam hal reproduksi suara, Z2 juga berbeda dari A5. Jika A5 memiliki karakter suara yang cocok untuk untuk musik bergenre pop, jazz, dan dance atau genre lain yang suara dentuman bass-nya cukup dominan, suara yang direproduksi Z2 justru tedengar lebih flat.

Artinya, Z2 menghasilkan suara yang relatif sama di semua frekuensi, baik high, middle, maupun low. Ini bisa jadi karena penggunaan dua drive unit dengan karakteristik full range pada speaker ini. Akan tetapi, suara treble speaker ini terasa cukup open meskipun hanya dihasilkan dari full range drive unit. Sebuah nilai plus tersendiri untuk speaker ini.

Untuk menyeimbangkan suara treblenya, Bowers & Wilkins menerapkan i novasi flowport yang terdapat di sisi belakang, sehingga suara bass yang dihasilkan terasa cukup bertenaga. Hasilnya, speaker ini mampu menangani instrumen musik dari beragam genre dengan baik. Sedikit tips dari CHIP, sesuaikan equalizer pada gadget de ngan genre musik yang akan diputar untuk mendapatkan keluaran suara yang optimal dari speaker ini.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *