Biodata

sat-jakarta.com – Nama: Mochamad Ariyo Faridh Zidni Lahir: Jakarta, 18 Juni 1980 Pendidikan: S1 Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Fakultas Sastra Universitas Indonesia Nama Istri: Febri Sastiviani Putri Cantika (28) Nama Anak: Arkashadan Mahesakha Aryanta Zidni (2) Aktivitas: – Dosen tidak tetap vokasi UI – Konsultan Perpustakaan dan Pendidikan – Direktur Festival Dongeng Indonesia – Ketua Komunitas Ayo Dongeng Indonesia Prestasi: Diundang sebagai pendongeng dan narasumber mewakili Indonesia di Festival Dongeng Internasional di Malaysia , India dan Singapura pada 2014.

Sebarkan virus dongeng

Sejak 1999, Mochamad Ariyo Faridh Zidni atau yang akrab disapa Kak Aio (34), berkegiatan sosial melalui dongeng sebagai upaya trauma healing pascabencana ini. Dengan visinya itu pendongeng ”spesialis bencana’” pernah ke Aceh demi mendongeng untuk para korban tsunami, ke Bantul, Yogya untuk korban gempa, ke Merapi, pascaerupsi, dan lainnya.

Kak Aio juga mendongeng untuk anak-anak di panti asuhan, rumah singgah, dan rumah sakit untuk pasien kanker anak, bahkan panti jompo. Banyak pihak mengapreasi upayanya ini. Ia pernah diundang mewakili Indonesia di PINKS (Penang International Kids and Storytelling Festival) dan Tell a Story Day di Kuala Lumpur. “Sekarang saya ‘ditagih’ untuk menyelenggarakan Festival Dongeng Internasional di Indonesia, mendatangkan teman-teman pendongeng dari negera lain,” ceritanya.

Karena banyak yang memintanya untuk mengajarkan cara mendongeng, Kak Aio akhirnya menyelenggarakan workshop mendongeng secara gratis. Mereka yang ikut pelatihan ini selalu datang ke kegiatan mendongeng Kak Aio. Mereka menamakan diri “relawan” dongeng. Akhirnya, pada 3 Desember 2011 dibentuk suatu gerakan komunitas bernama Ayo Dongeng Indonesia yang mengajak siapa saja untuk (kembali) mendongeng.

Modal Jujur

Ada tiga kegiatan utama Ayo Dongeng Indonesia.

Pertama, Pop-Up Storytelling yaitu mendongeng di ruang publik seperti taman kota, rumah sakit, taman bacaan atau perpustakaan dan lainnya. “Di taman kami menggelar tikar dan mengajak orang-orang yang sedang berolahraga untuk ikut sejenak mendengarkan dongeng. Semua ini gratis.” Disamping itu juga kak Aio pun menjalin kerja sama dengan beberapa pihak antara lain Komunitas Peta Hijau, Komunitas Berbagai dan lain sebagainya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *